Pertanyaan Umum Tentang GOS

 

 

Bagaimana cara untuk mendaftar sebagai Member GOS?

Pendaftaran Online :
  1. Dengan melalui situs Perusahaan http://gosga.garuda-indonesia.com/ klik menu "Login dan Registrasi". Di halaman tersebut pilih menu registrasi.
  2. Isikan semua informasi yang diminta.
  3. Informasi yang telah disubmit akan terkirim ke sistem GOS di Branch Office yang dituju.
  4. Branch Office akan melakukan verifikasi dan investigasi kepada calon GOS member, kemudian memfollow-up aplikasi ke Head Office.
  5. Head Office akan menentukan komisi, discount rate dan PKP untuk calon GOS member.
  6. Approval akan dilakukan apabila semua persyaratan terpenuhi.
  7. Calon GOS Member yang telah di approved oleh Head Office untuk keanggotaannya akan menerima email yang berisi informasi user-ID/Tourcode, agent code dan URL untuk melakukan aktivasi pengisian password.
  8. user-ID/Tourcode digunakan untuk login ke sistem reservasi GOS.

Pendaftaran Offline :

  1. Anda dapat mendaftar ke Kantor-kantor Cabang (Branch Office) Garuda Indonesia terdekat.
  2. Mengisi formulir aplikasi, yang disediakan.
  3. Branch Office akan  melakukan verifikasi dan investigasi kepada calon GOS member, kemudian memfollow-up aplikasi ke Head Office.
  4. Head Office akan menentukan komisi, discount rate dan PKP untuk calon GOS member.
  5. Approval akan dilakukan apabila semua persyaratan terpenuhi.
  6. Calon GOS Member yang telah di approve oleh Head Office untuk keanggotaannya akan menerima email yang berisi informasi user-ID/Tourcode, agent code dan url untuk melakukan aktivasi pengisian password.
  7. user-ID/Tourcode digunakan untuk login ke sistem reservasi GOS.


Comfort Seats Charge Ancillary Revenue Implementation


No. Question Answer
01. Apakah yang dimaksud dengan comfort seat? Comfort seat merupakan seat yang terdapat di Economy Compartment yang lebih leluasa dan nyaman dibandingkan dengan seat lainnya (extra leg room seat)
02. Dimanakah posisi comfort seat ini di pesawat? comfort seat terdapat pada baris pertama (First row) dan Emergency Exit Row dari Economy Compartment
03. Siapa sajakah penumpang yang dapat memilih untuk duduk di comfort seat di setiap penerbangan GA > 1 Jam sebelum penerbangan:
Penumpang yang diperkenankan memilih comfort seat adalah penumpang yang memenuhi kriteria sebagai berikut :

- Penumpang yang membeli ticket GA dengan Economy Normal Fare (Y Class)
- Pemegang kartu Platinum, Gold serta anggota Elite dan Elite Plus
- Bagi Penumpang B, M, K dan N class dikenakan biaya tambahan.

< 1 Jam sebelum penerbangan di check in counter: Semua penumpang diperkenankan untuk memilih comfort seat apabila seat tersebut masih tersedia
04. Mengapa Penumpang yang membeli ticket dengan harga Y tidak dikenakan charge sedangkan yang membeli ticket dengan harga B, M, K, N dikenakan charge untuk comfort seat tersebut ? Penumpang yang membeli ticket dengan Economy Normal fare akan mendapatkan keleluasaan dan kenyamanan dalam memilih tempat duduk yang diinginkan (termasuk comfort seat) di Economy Compartment sebagai bentuk "Value for Money", sedangkan penumpang yang membeli ticket dengan harga B, M, K, N diperkenankan untuk memilih tempat duduk pada comfort seat dengan tambah bayar, hal ini dimaksudkan agar tetap memberikan keleluasaan bagi Penumpang 'Non Promo Class' namun di pihak lain merupakan peluang bagi GA untuk mendapatkan revenue tambahan (Ancillary Revenue).
05. Apakah ada Kriteria lainnya untuk penumpang yang diperkenankan memilih comfort seat khususnya emergency seat? YA Sesuai Peraturan keselamatan penerbangan terdapat beberapa criteria yang harus dipenuhi bagi Penumpang yang dapat duduk khusus di Emergency Exit row yaitu:
➣ Tidak mempunyai hambatan fisik baik dalam penglihatan, pendengaran maupun komunikasi dalam memahami instruksi yang ada maupun aba-aba yang disampaikan Awak Pesawat dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

➣ Dalam kondisi sehat jasmani dan berusia 15 tahun atau lebih serta sedang tidak bepergian untuk mengawal atau mengawasi anak kecil atau orang lain selama penerbangan.

Peraturan tersebut harus dibaca dan disetujui oleh Penumpang yang akan memilih Emergency Exit Row.
06. Bagaimana dengan penumpang yang membeli ticket kelas Economy promo Garuda (Q, T, L, V, dll) ? Untuk saat ini penumpang yang membeli tiket kelas Economy promo Garuda tidak diperkenankan untuk memilih comfort seat dalam penerbangan kecuali pada saat check in (< 1 jam sebelum keberangkatan) - jika comfort seat tersebut masih tersedia
07. Kapankah tambahan biaya untuk comfort seat diimplementasikan di Garuda indonesia? Garuda Indonesia mulai menerapkan comfort seat charge ini effektif tanggal 22 April 2014
08. Dimana penumpang dapat memperoleh layanan ini? Permintaan dan pembayaran comfort seat dapat diperoleh melalui GA City Ticketing Office (CTO) dan Airport Ticketing Ofice (ATO)
09. Berlaku untuk Flight mana saja chargeable untuk comfort seat tersebut? Layanan ini berlaku pada seluruh penerbangan Garuda baik Domestic & international flight namun tidak termasuk Code share flight (dimana Garuda sebagai marketing carrier)
10. Kapan penumpang harus membayar tambahan biaya (additional charge) untuk comfort seat? Ketika penumpang membayar ticket dengan harga B, M, K, N dan menginginkan untuk duduk di comfort seat.
11. Apakah tanda bukti bagi penumpang yang telah membayar comfort seat? Tanda bukti pembayaran bagi penumpang berupa Payment Receipt dari EMD (Electronic Miscellaneous Document) yang diissued dan diassosiasikan dengan Ticketnya
12. Apakah dengan menunjukkan EMD tersebut penumpang dijamin akan mendapatkan seat number sesuai dengan yang dipesan? Dijamin dapat. Dalam kondisi terjadi irregularities penumpang belum tentu mendapatkan seat seauai yang diinginkan. Namun Garuda akan berupaya untuk memberikan seat yang sesuai dengan permintaan penumpang. Jika upaya tersebut tidak berhasil maka penumpang berhak untuk mendapatkan uangnya kembali (refund)
13. Apakah ada pengecualian untuk penumpang tertentu sehingga bisa duduk di comfort seat secara free tanpa membeli tiket kelas Y ? YA. Penumpang yang berpergian dengan bayinya dan memerlukan Baby Bassinet (BSCT) serta Penumpang Diffable yang memerlukan wheel chair dan membayar ticket dengan kelas Economy apa pun diperkenankan untuk memilih duduk di first row seat tanpa dikenakan charge.
14. Berapakah Biaya yang harus dibayar penumpang untuk memilih duduk di comfort seat tersebut ? Tambahan biaya yang dikenakan pada penumpang untuk memilih comfort seat dengan skema sebagai berikut :
- Penerbangan Domestik dengan waktu terbang sampai dengan 3 jam IDR 100.000
- Penerbangan Domestik dengan waktu terbang lebih dari 3 jam IDR 200.000
- Penerbangan International dengan waktu terbang sampai dengan 3 jam USD 10.00
- Penerbangan Internasional dengan waktu terbang lebih dari 3 jam USD 20.00